Glitter Text Generator at TextSpace.net

MATERI MULTIMEDIA XII

DOWNLOAD SOAL DAN PEMBAHASAN
TEORI KEJURUAN MULTIMEDIA


UN semakin dekat, anda harus segera bersiap diri menghadapi ujian, untuk materi kejuruan saya berikan referensi perbendaharaan soal-soal teori kejuruan disertai pembahasannya sehingga dapat anda manfaatkan untuk membantu dalam anda belajar 
 
Untuk mendonload soal dan pembahasan klik link
soal teori kejuruan multimedia

 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Download materi pendukung


1. jenis format video
2. gambar raster vs vektor
3. rangkuman materi teori kejuruan

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

MATERI TOVD

SPECIAL EFFECT & VISUAL EFFECT

I.    EFEK KHUSUS  (SPECIAL EFFECT/SFX)
Menciptakan suatu adegan atau peristiwa yang jika dilakukan secara nyata (sebenarnya) akan menjadi tidak praktis, berbahaya, atau terlalu mahal.

A.    SEJARAH EFEK KHUSUS
Sejarah efek khusus dimulai sejak sebelum penemuan dari kamera itu sendiri.  Selama 1700-an, PESULAP menggunakan banyak teknik untuk melakukan ilusi optik dan memukau penonton mereka.  Teknik inilah yang membentuk dasar-dasar efek khusus. Salah satu efek yang paling banyak digunakan dalam pertunjukan sulap selama periode ini adalah memanggil orang mati - spiritisme. Sebuah kotak kecil dengan sumber cahaya dan slide semi-transparan digunakan untuk memproyeksikan gambar dari tokoh-tokoh sejarah ke kolom asap mengepul atau kain. DSB
Perubahan terbesar dalam revolusi Efek Khusus terjadi di abad ke-20, dengan komputer. Komputer membantu merevolusi dunia Efek Khusus dalam film.Sekarang dengan komputer kita mampu menciptakan pemandangan yang kita tidak akan pernah mungkin terpikir. Dengan bantuan komputer kita dapat membuat orang, bangunan, binatang, monster, alien, dan kreasi lainnya. Efek khusus telah maju ekstrim dengan penggunaan komputer. Kita bahkan bisa membangun dan Resink film "Titanic" 
dengan penggunaan komputer. 

B.    PENGERTIAN EFEK KHUSUS
Ilusi atau trik dari mata yang digunakan dalam film, televisi, teater, video game, dan industri simulator untuk mensimulasikan peristiwa dibayangkan dalam sebuah cerita atau dunia maya secara tradisional disebut efek khusus (sering disingkat sebagai SFX, SPFX, atau hanya FX) .
Dengan definisi ini, efek khusus tidak cuma terdapat dalam film, seperti yang diketahui masyarakat awam. Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas.  Jadi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segala macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek khusus.
Efek khusus digunakan untuk meningkatkan dampak suatu obyek terhadap indera manusia. Obyek tersebut bisa berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan.  Dengan demikian, diharapkan efek khusus bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap obyek tersebut.
Yang akan dilakukan oleh para ahli efek khusus adalah bagaimana menipu indera manusia, terutama audio-visual, bahwa seakan-akan hal tersebut terjadi
Misalnya kita ingin membuat efek hujan. Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik hujan yang benar menurut mata manusia. Setelah itu dengan teknologi apapun yang dimiliki, kita berusaha meniru karakteristik hujan tersebut. Yang terpenting bukan seberapa nyata wujud hujan tersebut dibuat, tetapi sejauh mana karakteristik hujan dipenuhi. Teknologi yang digunakan bisa bermacam-macam. Beberapa orang akan membuat hujan dengan air yang disemprotkan ke atas.  Para animator di Disney, awalnya membuat efek hujan dengan menggunakan lembaran tipis yang berlubang sangat banyak, kemudian digerakkan secara cepat di depan kamera.  Atau, kita juga bisa membuat efek hujan dengan menggunakan komputer. Yang terpenting adalah bukan seberapa canggih efek hujan tersebut dibuat, tetapi seberapa besar karakteristik hujan tersebut tercapai. 

C.    FUNGSI EFEK KHUSUS
Ada beberapa kegunaan dari efek khusus
  1. Efek khusus digunakan untuk menampilkan adegan yang tidak dapat dicapai dengan alat yang biasa, misalnya perjalanan luar angkasa ke planet Mars.  Belum pernah ada manusia yang sampai ke planet Mars. Untuk itulah efek khusus digunakan untuk menciptakannya.
  2. Efek khusus juga digunakan bila saat menggunakan alat yang asli akan sangat mahal biayanya. Misalnya apabila kita ingin membuat ledakan yang sangat dahsyat, menghancurkan banyak sekali gedung, mobil, dan infrastruktur lain. Bila ingin menghemat biaya, efek khusus dapat digunakan.
  3. Efek khusus juga digunakan bila penggunaan syuting manusia atau alat sebenarnya akan membahayakan aktor tertentu. Misalnya adegan ledakan, tentu aktor tidak ingin mati konyol saat membuat film, sehingga ledakan dilakukan oleh efek khusus.
  4. Efek khusus juga digunakan untuk meningkatkan kualitas film yang sudah diambil, dengan cara menambahi, mengurangi atau mengubah elemen yang di dalam film.
    Contoh SFX pada film pada umumnya mengunakan teknik rear-screens projections atau; gambar yang berada di belakang aktor, objek miniatur yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya, dan teknik animasi yang membuat mahluk terlihat realsitis. Biasanya, teknik ini dibuat pada film horor, film ruang angkasa, dan film-film yang sangat sulit untuk pengambilan gambar. Berkat efek khusus, kita bisa menyaksikan banyak hal seru dalam film yang tak terbayangkan sebelumnya.

D.    MACAM - MACAM SOFTWARE EFEK KHUSUS
•    Adobe After Effect
•    Digital Fusion
•    Boris FX
•    Sony vegas Movie Studio
•    Movie Edit pro 15 plus
•    Ulead DVD Movie Factory Update
•    Nero Smart
•    Combustion
•    Movie maker
•    Adobe premiere pro
•    Adobe Premiere Element
•    Wax
•    Final Cut Pro
•    Contoh dan pengertian Efek Khusus

E.    JENIS- JENIS EFEK KHUSUS DI FILM
  1. Virtual Cinematography.
    Virtual Cinematography adalah efek khusus dalam film yang dibuat dengan komputer grafis. Bisa juga memotret objek asli untuk dibuat objek 3D digital sebagai kreasi Virtual Cinematography.
  2. Digital Compositing.
    Merupakan cara penggabungan beberapa gambar menjadi satu. Bisa sama-sama berupa adegan atau adegan yang disatukan dengan efek khusus. 
  3. Stop-Motion.
    Efek khusus yang memanipulasi benda menjadi terlihat bergerak dengan sendirinya.
  4. Prosthetic Make Up.
    Efek khusus pada film dengan menggunakan teknik-teknik make up sehingga didapatkan tampilan yang diinginkan para aktor. Misalnya make up tokoh Mystique pada X-Men.
  5. Computer Generated Imagery (CGI).
    Efek khusus yang menggunakan perangkat lunak komputer 100% untuk menghasilkan gambar seperti benda asli. Misalnya pada film Toy Story, keseluruhan karakter dan setting dibuat dengan perangkat lunak komputer. Dengan CGI ini, pembuat film leluasa membuat setting apapun, misalnya setting pada film The Lord Of The Ring. Juga bisa mengcopy atau memperbanyak gambar objek. Misalnya di film 300, terlihat seperti film super kolosal yang melibatkan ratusan hingga ribuan. Padahal orang yang terlibat tidak begitu banyak dan hanya di copy berulang-ulang.
  6. Blue Screen/ Green Screen.
    Aktor beraksi dengan menggunakan latar belakang biru atau hijau. Warna biru atau hijau dapat diganti dengan latar belakang lain di komputer, misalnya langit sehingga terkesan seperti terbang.
  7. Animatronics.
    Efek khusus yang mengunakan robot atau boneka yang digerakkan secara elektronik atau robotic. Keunggulannya, lebih alami ketimbang CGI karena merupakan benda nyata.
  8. Camera Slow/ Camera Freeze.
    Efek khusus yang menimbulkan efek seperti kita bisa memutari sang aktor pada adegan tertentu atau adegannya dibuat menjadi lambat (slow motion). Misalnya pada film Matrix.

F.    ISTILAH ISTILAH PADA EFEK KHUSUS

  1. Super  Jump   
    Adalah  adegan  dimana  aktor  utama berlari dan melompat ke udara dengan kecepatan yang luar  biasa.  Sehingga  saat  melompat,  daerah/tempat yang  digunakan  aktor  utama  sebagai  tumpuan menghasilkan  hempasan  debu,  batuan yang  terlontar dan tanah yang retak akibat lompatan tersebut.
  2. Super  Crash  
    adalah adegan dimana aktor utama mendarat dengan kekuatan yang luar biasa. Sehingga saat mendarat, daerah/tempat yang digunakan aktor utama sebagai tumpuan menghasilkan hempasan debu, pecahan tanah yang terlontar dan tanah yang retak akibat pendaratan tersebut
  3. Burned  and  Destroyed  Body   
    Merupakan adegan dimana aktor pendukung tubuhnya terbakar dan hancur berkeping-keping yang dikarenakan oleh kekuatan dari aktor utama. Pada adegan ini,nantinya akan ditampilkan sebuah api yang melahap tubuh aktor pendukung. Bersamaan dengan api yang melahap tubuh aktor pendukung, muncul pula percikan api, kepingan tubuh aktor pendukung yang berhamburan dan asap yang timbul akibat api yang membakar tubuh aktor pendukung tersebut
  4. Explosions  Element    Merupakan  footage  atau material berupa ledakan (sembuaran api).
  5. Smoke Charges Element    Merupakan material berupa asap yang timbul akibat ledakan
  6. Warp  Face   
    Adalah adegan dimana aktor utama menunjukan wujud aslinya. Menampilkan wajah actor  utama yang awalnya berwujud manusia biasa lalu berubah menjadi wujud devil  yang menyeramkan.
  7. Debris  Element    Merupakan  footage  berupa runtuhan dari beberapa material.
  8. Fire  Element    Merupakan  footage  atau material yang berupa api biasa
  9. Explosion    Merupakan  footage  atau material berupa ledakan (sembuaran api).
  10. Sparks  Element    Merupakan material yang berupa percikan api yang terhempas.

II.    VISUAL  EFFECT (VFX)
Sehari-hari kita mengenal  special effects [sfx] (efek khusus) dan  visual effects [vfx] (efek visual) Kadang orang tidak dapat membedakan apa efek khusus dan apa efek visual 

A.    PENGERTIAN VISUAL EFEK
Serangkaian proses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Efek Visual merupakan perpaduan dari gambar syuting asli dengan objek rekayasa computer serta obyek lain untuk menciptakan adegan realistis sesuai tuntutan skenario
Visual Effect merupakan sub kategori dari Special Effects Proses dengan efek visual ini biasanya meliputi pembuatan material, bayangan, pencahayaan dan banyak hal yang terkait dengan visual (tampilan). kalau untuk film biasanya aktor akan beraksi dengan latar belakang satu warna (biasanya green screen atau blue screen), kemudian latar itu di beri efek sedemikian rupa sehingga nampak nyata


B.    PERBEDAAN EFEK KHUSUS & EFEK VISUAL

  • Efek Khusus memodifikasi dunia nyata ,Special Effects Animation dapat membuat obyek mulai dari mobil, gedung, hujan, angin, api, laser, air, dan fenomena alam lainnya. 
  • Efek Visual memodifikasi dunia khayalan . Misal, film tentang Alien.
    Jadi, ketika Anda menggunakan software 3D untuk membuat efek-efek tertentu, dikatakan Anda sedang membuat Special Effects Animation. Tetapi setelah efek-efek tersebut diintegrasikan didalam film dalam post production, hasilnya adalah Anda sedang membuat Visual Effects.
C.    TUJUAN VISUAL EFEK (VFX)
a)    Kita ingin mereproduksi kenyatan dalam dunia normal
b)    dalam VFX kita ingin menciptakan sesuatu yang tidak pernah ada

````````````````````````````````````````

MENGENAL SKENARIO FILM

Di mana pun dan dalam situasi apa pun kita bisa membuat film pendek. tidak perlu cari cerita yang bombastis. Kejadian sehari-hari dalam kehidupan kita saja bisa dijadikan sumber film pendek. Misalnya nih, saat acara ulang tahun, acara ngumpul bareng di rumah atau saat beramai-ramai liburan ke satu tempat hiburan.
Saat membuat film pendek, yang pertama kali harus kita pikirkan adalah cerita. Kita harus menentukan fokus cerita dari film kita. Misalnya pada pesta ulang tahun. Maka, fokus ceritanya adalah pesta ulang tahun. Atau saat pergi ke tempat hiburan, fokus ceritanya ya tempat hiburan itu, misalnya, Suatu Hari di Dunia Fantasi….
Untuk pembuatan sebuah film ada 3 tahap, yaitu :
1.    Pra produksi (Planing, Scripting)
2.    Produksi (Taking)
3.    Pasca produksi (Editing, Launching)
Praproduksi sendiri juga di bagi beberapa tahap, justru yang paling rumit adalah di pra produksi, ide cerita, pembuatan sinopsis, riset, pembuatan skenario atau screenplay, casting, hunting lokasi, persiapan perlengkapan, mulai perlengkapan untuk shooting maupun wardrop, bahkan sampai musik dan animasi nantinya sudah ditentukan. Praproduksi ini berfungsi untuk menekan biaya maupun untuk ketepatan waktu produksi nanti agar sesuai dengan anggaran dan waktu yang ditentukan.
Setelah semua siap baru melangkah Produksi,
Produksi ,dalam produksi ini sudah sesuai jadwal dan lokasi yang telah di tentukan.
Pasca produksi adalah proses editing, proses editing ini tinggal memasukan sound effect yg telah dibuat, sebab ketika kita produksi shooting, bagian musik dan pembuat sound effect juga mengerjakan sesuai hasil breakdown, begitu juga bagian animasi yang akan menyertai film nanti.
Setelah editing selesai…., kita pertontonkan kepada teman-teman atau kelompok kecil…, mungkin ada yang jumping atau meloncat, atau adegan-adegan yang kurang pas yang mungkin dapat merusak dari film. misalnya kita membuat adegan jaman 60-an…., tetapi pemain memakai jam digital atau telpon yang sudah modern.

 SKENARIO

Kalo dalam kamus ilmiah populer, skenario adalah alur cerita dari sebuah sandiwara atau film. Jadi sebelum memulai segalanya dari pembuatan film, kita harus terlebih dahulu membuat skenarionya. Tentang tema, judul, aktor (tokoh), lokasi, naskah,dan sebagainya semua disusun di sini.
Komponen-komponen utama dalam skenario terdiri dari aksi dan dialog. Aksi merujuk kepada "apa yang kita lihat" dan dialog merujuk kepada "apa yang dituturkan oleh tokoh". Tokoh-tokoh dalam skenario juga dapat diperkenalkan dalam bentuk visual di awal cerita.
Istilah istilah yang ada pada scenario :

1.    BCU (BIG CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Biasanya, untuk gambar-gambar kecil agar lebih jelas dan detail, seperti anting tokoh.
2.    CU (CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat. Biasanya, untuk menegaskan detail sesuatu seperti ekspresi tokoh yang penting, seperti senyum manis atau lirikan mata. Tokoh biasanya muncul gambar wajah saja.
3.    COMMERCIAL BREAK: Jeda iklan. Penulis skenario harus memperhitungkan jeda ini, dengan memberi kejutan atau suspense agar penonton tetap menunggu adegan berikutnya.
4.    CREDIT TITLE: Penayangan nama tim kreatif dan orang yang terlibat dalam sebuah produksi
5.    CUT BACK TO: Transisi perpindahan dalam waktu yang cepat untuk kembali ke tempat sebelumnya. Jadi, ada satu kejadian di satu tempat, lalu berpindah ke tempat lain, dan kembali ke tempat semula.
6.    CUT TO: Perpindahan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi bersamaan, tetapi di tempat yang berbeda atau kelanjutan adegan di hari yang sama.
7.    DISSOLVE TO: Perpindahan dengan gambar yang semakin lama semakin kabur sebelum berpindah ke adegan berikutnya.
8.    ESTABLISHING SHOT: Pengambilan gambar secara keseluruhan, biasa disingkat ESTABLISH saja.
9.    EXT.(EXTERIOR): Menunjukan tempat pengambilan gambar diluar ruangan
10.    FADE OUT: Perpindahan gambar dari terang ke gelap secara perlahan.
11.    FADE IN: Perpindahan gambar dari gelap ke terang secara perlahan.
12.    FLASHBACK: Ulangan atau kilas balik peristiwa. Biasanya, gambarnya dibedakan dengan gambar tayangan sekarang.
13.    FLASHES: Penggambaran sesuatu yang belum terjadi dalam waktu cepat; contohnya: orang melamun.
14.    FREEZE: Aksi pada posisi terakhir. Harus diambil adegan yang terjadi pada tokoh utama dan dapat membuat penonton penasaran sehingga membuat penonton bersedia menunggu kelanjutannya.
15.    INSERT: Sisipan adegan pendek, tetapi penting di dalam satu scene.
16.    INTERCUT: Perpindahan dengan cepat dari satu adegan ke adegan lain yang berbeda dalam satu kesatuan cerita.
17.    INT. (INTERIOR): Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang terlihat secara keseluruhan.
18.    LS (LONG SHOT): Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang terlihat secara keseluruhan.
19.    MAIN TITLE: Judul cerita pada sinetron atau film.
20.    MONTAGE: Beberapa gambar yang menunjukkan adegan berurutan dan mengalir. Bisa juga menunjukkan beberapa lokasi yang berbeda, tetapi merupakan satu rangkaian cerita.
21.    OS (ONLY SOUND): Suara orang yang terdengar dari tempat lain; berbeda tempat dengan tokoh yang mendengarnya.
22.    PAUSE: Jeda sejenak dalam dialog, untuk memberi intonasi ataupun nada dialog.
23.    POV (POINT OF VIEW): Sudut pandang satu atau beberapa tokoh terhadap sesuatu yang memegang peranan penting untuk tokoh yang bersangkutan.
24.    SCENE: Berarti adegan atau bagian terkecil dari sebuah cerita.
25.    SLOW MOTION: Gerakan yang lebih lambat dari biasanya. Untuk menunjukkan hal yang dramatis.
26.    SFX (SOUND EFFECT): Untuk suara yang dihasilkan di luar suara manusia dan ilustrasi musik. Misalnya, suara telepon berdering, bel sekolah, dll.
27.    SPLIT SCREEN: Adegan berbeda yang muncul pada satu frame atau layar.
28.    TEASER: Adegan gebrakan di awal cerita untuk memancing rasa penasaran penonton agar terus mengikuti cerita.
29.    VO (VOICE OVER): Orang yang berbicara dalam hati. Suara yang terdengar dari pelakon namun bibir tidak bergerak.
Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana membuat skenario film:
1. IDE CERITA
Film itu sebuah cerita bergambar dan bersuara. Karena sebuah cerita, jadi kamu harus punya cerita yang dianggap menarik untuk difilmkan. Dari mana datangnya ide? Ide banyak. Ada di mana-mana. Tinggal kamu buka lebar-lebar semua indera kamu. Kamu bakal mendengar, merasa, melihat, mengecap, dan mencium ide.
IDE ini harus unik dan original. Tapi, memutuskan untuk menyadur sebuah karya orang lain itu juga termasuk sebuah IDE lho…tapi ya lebih baik cari sendiri biar agak sedikit kreatif gitu.. Untuk mencari IDE, banyak cara yang bisa dilakukan.Jalan-jalan ke tempat yang aneh, ke pantai, sawah,atau nongkrong di mall sambil liat orang orang. atau ngelamun sendirian, hee. atau di fikIr bareng bareng saat nongkrong atau jalan jalan.
2. SIAPKAN SINOPSISNYA
Sekalipun film dan cerpen atau novel sama-sama sebuah cerita, tetapi ada perbedaan. Perbedaannya pada medium yang digunakan. Seperti disebutkan pada nomor satu, film menggunakan medium gambar dan suara. Sedangkan cerpen dan novel menggunakan medium teks.
Sementara sinopsis sendiri memiliki arti penting dalam pembuatan skenario, yaitu sebagai pijakan. Kita akan kesusahan bikin skenario bila kita tidak tahu sinopsis ceritanya. Akan sama sulitnya kita akan bikin sinopsis bila tidak punya ide cerita.
Bila yang kamu bikin bukan film lepas (FTV/layar lebar), melainkan sinetron, maka selain menyiapkan sinopsis global, kamu juga harus menyiapkan sinopsis per episode yang tentu saja lebih detail dibanding dengan sinopsis global.
3. BIKIN LOGLINE/PREMIS
Logline atau premis bertujuan untuk memperjelas film apa yang kamu buat. Logline sejenis iklan. Logline yang bagus akan menarik orang untuk menonton film yang kita buat. Agar mudah membuat logline, Richard Krevolin memberikan pola kalimat sebagai berikut: bagaimana jika…… dan kemudian……. Contoh: bagaimana jika orang yang kamu siksa adalah orang yang akan menolong kamu dan kamu tidak tahu. Kalimatnya dibikin sederhana menjadi: yang kamu siksa adalah penolongmu yang tidak kamu ketahui.
Untuk lebih jelas tentang logline, kamu bisa melihat cover-cover film. Di sana ada kalimat-kalimat yang menarik. Itulah logline atau premis.
4. TREATMEN
Treatmen ini pembabakan. Sebuah film umumnya tiga babak. Sinopsis itu harus dipecah ke dalam tiga babak ini. Babak pertama sebagai pengenalan seting, tokoh, dan awal masalahnya. Babak kedua sebagai bagian berkecamuknya masalah. Babak ketiga sebagai penyelesaiannya.
Yang tiga babak ini disebut dengan struktur tiga babak (tree acts structure). Ada juga yang disebut struktur sembilan babak (nine acts structure), sebagai pengembangan dari yang tiga babak. Yang sembilan babak ini terdiri dari:
•    Babak 1: kejadian buruk menimpa orang lain.
•    babak 2: pengenalan tokoh utama (protagonis).
•    Babak 3: kejadian buruk menimpa protagonis, atau terlibat/dilibatkan kepada masalah orang lain pada babak 1.
•    Babak 4: protagonis dan antagonis
•    Babab 5: protagonis berusaha keluar dari masalah
•    Babak 6: protagonis salah mengambil jalan
•    Babak 7: protagonis mendapat pertolongan
•    Babak 8: protagonis berusaha keluar dari masalah lagi
•    Babak 9: protagonis dan antagonis berperang, menyelesaikan masalahnya
5. OUTLINE SCENE/SCENE PLOT
Sekarang saatnya membuat outline scene/scene plot. Outline scene/scene plot adalah rencana peristiwa-peristiwa yang akan diambil (disyut). Pembuatan outline scene/scene plot akan mempermudah pembuatan skenario.
Contoh:
1. Lisa pamit kepada orangtuanya untuk pergi ke Jakarta.
2. Arman, pacar Lisa, sedang menyiapkan rencana menculik Lisa.
3. Dst
6. BUAT SKENARIO!
Ini contoh skenario 1:
SANG PRABU
Datang Untuk Kembali
Cerita : Yul Andryono
Skenario : Gola Gong
Fade In
Act 1
01. EXT. TAMAN SARI-PAGI (HARI 1)
Pemain: Kepengan, Putri Malaka, Roh Deni
Kepengan memergoki PUTRI MALAKA sedang bersedih hati. Kepengen menanyakan kesedihannya. Putri malaka bermuram durja.
Tanpa mereka sadari, roh deni hadir di sini. Mendengarkan percakapan mereka.
KEPENGAN:
Haiya, kenapa putli owe yang cantik ini belmulam dulja?
ROH DENI:
Haiya, putli sedang sedih. Kasihan… ini salahku juga!
PUTRI MALAKA:
Bagaimana Ay tidak sedih? Sekarang Ay tak punya datang! Gusti Prabu belum nyariin Ay punya dayang! Padahal gengsi seorang putri itu ada pada seorang dayang!
Dialog dan seterusnya….
CUT TO
02. INT. PENDOPO ISTANA – SIANG (HARI 2)
Pemain: Prabu, Putri Malaka, Woro Denok, Putra Mahkota, Selir, Permaesuri, Mahapatih, Para Punggawa, Dayang
Prabu duduk di singgasananya. Permaisuri di sebelahnya. Woro Denok dengan genit duduk sambil memegang Putri Mahkota.
PRABU:
Siang ini sengaja kukumpulkan. Pertemuan ini atas permintaan Putri Bunga Seroja dari Kerjaan Malaka…
Dst
CUT TO
03…………….
04………………….
FADE OUT
Keterangan:
Fade In : Cerita dimulai
Act 1 : Babak 1
01 : Scene 1 (secene [pemandangan]= potongan peristiwa)
EXT : Exterior (peristiwa terjadi di luar), INT=interior
Taman Sari : Lokasi peristiwa
Pagi : Waktu kejadian
Hari 1 : Hari kejadian (untuk membedakan kostum dll)
Pemain: ….. : Pemain yang main pada film
Kepengen…. : Deskripsi peristiwa
Kepengen: Haiya : Dialog
CUT TO : Pemisah antar scene.
Fade Out : Tanda cerita sudah usai
Selain Cut To masih ada turunannya spt: intercut to, disslove to, paralel cut to, dll
Contoh scenario 2
Judul : PIP (Best Original Script Close up Planet Movie Competition 2004)
Producer: Era Hani Medisa
Director : Hendra Sinata
Script Writter : Danan Wahyu
Sinopsis:
RT kami yang berada dipinggiran daerah metropolis baru aja diresmikan sebuah WC umum kelas PIP. Itu lho WC yang mewah yang kayak di sinetron-sinetron. WC PIP ini dibangun atas gagasan PICSI (persatuan ibu-ibu cinta sinetron Indonesia) yang diprakasai oleh bu RT sebagai ketua PICSI. WC yang berukuran 2 x 6m memiliki fasilitas bath tube, lantai keramik, tv, closet duduk, vcd player, air hangat dan tidak ketinggaln tiap pagi selalu ada tabloid dan koran terbaru yang setia menemani.
Seperti pagi-pagi biasanya di depan WC PIP dipenuhi warga yang mengantri untuk menikmati fasilitas WC PIP berfasilitas plus. Sebagian besar dari mereka adalah ibu-ibu rumah tangga anggota PICSI . Mereka sudah siap dengan peralatan mandi dan vcd kesayangan untuk diputar ketika mereka sedang melakukan aktifitas. Untuk dapat menikmati WC PIP warga harus membayar 3 tiga kali dari WC biasa. Bagi mereka yang ingin menjadi member harus membayar uang kartu sebesar 2500. Mereka yang menjadi member akan memperoleh diskon 10% dan pada akhir bulan akan mendapat door prize voucher creambath di salon bu RT.
Seperti pagi-pagi biasanya juga WC PIP ramai…, dan terus bertambah ramai dari hari ke hari. Sehingga membuat kewalahan petugasnya.
Tidak seperti pagi-pagi biasanya, pagi ini pak RT bersama-sama warga lain menutup WC PIP secara sepihak. Tentu saja kejadian ini mengejutkan warga sekitar, terutama ibu-ibu. Mereka menuntut WC PIP kembali dibuka. Tapi Pak RT tetap dengan pendiriannya dengan alasan WC PIP mengganggu stabilitas warga. Ibu – ibu jadi melalaikan anak dan suami karena mereka seharian mengantri di WC PIP.Akhirnya setelah memberikan penjelasan panjang lebar layaknya seorang anggota DPR kepada warga. Akhirnya mereka mengerti dan WC PIP resmi ditutup!
Sementara itu di rumah pak RT, bu RT minum obat pencahar perut dan makan berbagai macam buah untuk memperlancar BAB. Ternyata bu RT sudah beberapa hari tidak bisa buang air besar, lantaran ia tidak terbiasa buang air dengan closet duduk WC PIP.
Script:
EXT. PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG, SIANG
Kesibukan kota Bandar Lampung dengan lalu lintas yang lalu lalang.
CUT TO:
EXT. PERUMAHAN WARGA, SIANG
Perumahan warga yang rapat-rapat dengan anak kecil, tampak jemuran bergantungan
di depan rumah. Seekor ayam mencari makan di selokan anak-anak bermain bola.
CUT TO:
EXT. PELATARAN WC UMUM. STANG
Pria, wanita dan anak-anak ramai berkumpul di depan sebuah WC umum.Hiasan
Kertas serta balon warna-warni ikut menyemarakan peresemian WC PIP. Beberapa
Warga melakukan aktifitas mencuci pakaian dan anak kecil mandi di sumur umum.
Pak RT sedang memberikan sambutan kepada warga untuk pembukaan WC PIP.
Dengan antusias dan pandangan bingung tampak ekspresi warga memperhatikan Pak
RT,
Pak RT
Terima kasih atas kehadiran bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. Hari ini merupakan
hari yang paling bersejarah bagi RT kita. Karena akan ada perubahan besar di sini.
Kita akan menjadi bagian dari masyarakat moderen. Sebentar lagi kita akan dapat
Menikmati pelayanan seperti layaknya bintang-bintang kelas satu.
CUT TO:
EXT. PELATARAN WC UMUM, SIANG
Beberapa wanita mencuci dengan papan kayu tua dipinggir sumur, di dekat pompa
dragon.Wanita lain menimba air dari sumur yang ada di sebalahnya.
Pak RT
Saya sangat bangga dengan ibu-ibua nggota PICSI karena dengan idenya yang brilian
Dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga.
Bu RT tersenyum bangga.
PAK RT
Warga R T 15 yang saya banggakan saya berharap fasilitas ini dapat dipergunakan
dengans ebaik-baiknya Karena mengingat jadwal saya hari ini padat sekali, jadi tanpa
berpanjang lebar.Maka WC PIP resmi saya buka!
CUT TO:
EXT. PELATARAN WC UMUM, SIANG
Pak RT Menggunting pita WC PIP. Terdengar suara petasan. Warga bertepuk tangan.
Beberapa warga dan aparat desa menyalam Pak R T. Bu RT berada di antrian paling
depan masuk ke dalam WC PIP.
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Kamar mandi mewah lengkap dengan bath tube dan wc duduk. Lantai kamar mandi
Dan bathtube dipenuhi bunga dan lilin aroma terapi. Tampak beberapa fasililitas
Tambahan seperti tv, vcd player dan tabloid gosip.
Wajah Bu RT tampak sangat bahagia wajahnya dipenuhi bunga-bunga Dengan gaya
Borjuis dan anggun Bu RT melangkah menyusuri kamar mandi lalu mulai menari-nari
ala balerina
FADE OUT:
EXT. DEPAN WC PIP, SIANG
Kertas Antrian warga yang ingin menikmati fasilitas plus. Mereka siap dengan
Perlengkapannya masing-masing seperti peralatan mandi vcd kesayangan majalah
xxx, ban berenang dan lainnya. Seorang penjaga kemayu berusaha menertibkan.
PENJAGA
(Centil)
Please degh..!. pada ngantry yang tertib bo! Itu Lekong-lekong jangan pada ngelaba ya
kalo ngantri.
Wanita tersenyum malu,ketika bagian tubuh belakangnya di raba-raba seorang pria.
PENJAGA
Jangan lupa ya dengan kartu membernya Nanti kalo sudah penuh. Bisa ditukar
denganh adiah yang menarik. Ada perawatan rambut, pedicure mani cure, lulur,
facial dan mandi kucing.
Kartu member WC PIP. Ada kotak-kotak untuk membubuhkan Stempel.
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Laki-laki mengenakan sarung dan kaos dalam dengan membawa radio tua. Masuk ke
kamar mandi,lalu jongkok di atas closet duduk sambil merokok dan mendengarkan
radio.
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Ibu-ibu mencuci dengan papan penggilasan di bath tube
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Anak-anak mandi di bath tube dengan menggunakan ban renang
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAHO SIANG
Anak SMA sedang menyuntikan obat terlarang ke tangannya
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Ibu hamil makan rujak sambil menari-nari dan mengelus-ngelus perutnya
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Bu RT bangkit dari closet.
CUT TO:
EXT. PELATARAN WC UMUM, SIANG
Bu RT keluar dari WC PIP melalui antrian. Wajahnya tegang tapi tetap berusaha
anggun.
FADE OUT:
EXT. DEPAN WC PIP, SIANG
Warga mengantri di WC PIP. Wanita cantik berada di depan antrian lalu berjalan
masuk WC PIP.
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Wanita cantik tersenyum lalu matanya berkeling genit, rambutanya tersibak tertiup
angin,membuka piyama mandi, lalu ia mengambil barang-barang kecil dan
memasukannya ke dalam baju.
CUT TO:
EXT. DEPAN WC PIP, SIANG
Seorang preman dengan membawa bungkusan menghampiri antrian paling depan.
Wanita cantik keluar dari kamar mandi
PREMAN
(Galak)
Minggir-minggir guwa mau nyobain nih.
IBU
(Protes)
Antri donk mas.
PREMAN
(Kesal)
Apaan Lu.
Preman menyingsingkan lengan baju lalu menunjukan otot bisepnya yang kekar dan
Terlihat jelas gambar tato. Warga dan penjaga ketakutan mereka menunduk Preman
masuk kedalam kamar mandi.
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Terdengar suara dialog dan musik film india sedih mendayu-dayu Sayup-sayup
Terdengar suara orang menangis. Lantai kamar mandi penuh dengan kertas tisue
bekas. Preman menangis tesedu-sedu di bathtube sambil menyaksikan film india.
CUT TO:
EXT. DEPAN WC PIP, SIANG
Pria masuk WC PIP
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Pria membuka baju, membuka celana, melangkah menuju bathtube lalu berendam di
Bathtube sambil membacata bloidx xx. Wajahnya berekspresi merasakane knikmatan
luar biasa dan memejamkan mata. Tangan lelaki meletakan sabun penuh buih di
pinggir bathtube Dan sabun terjatuh ke lantai
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Sabun diinjak bu RT . Bu RT terpeleset dan hamper jatuh, lalu mengumpat.
CUT TO:
EXT. PELATARAN WC UMUM,STANG
Bu RT keluar dari kamar mandi ia memaki-maki dan mengumpat-ngumpat setiap
Orang yang dijumpai terutama penjaga karena tidak menjaga kebersihan.
Di depan wc biasa Bu RT berhenti dan menoleh. Tampak beberapa pintu WC biasa.
Salah satunya pintunya terbuka. Bu RT tampak akan masuk WC biasa, ketika ia akan
Melangkah Tiba-tiba seorang bapak menerobos masuk. Bu RT kaget. Wajahnya
Menegang marah. Ia membuang muka. Bu RT melangkah pergi
FADE OUT:
EXT. PELATARAN WC UMUM, SIANG
Orang mengantri di depan WC PIP. Sepatu hansip yang sedang berjalan. Hansip
Memasang papan pengumuman Papan Pengumun bertuliskan
” WC DITUTUP UNTUK SELAMA.LAMANYA”.
Tidak lama kemudian Pak RT datang Hal ini tentu saja membingungkan warga
sekitar. Warga ribut dan hampir tidak terkendali.
PAK RT
Tenang-tenang Saudara Setelah sayam engingat, menimbang dan memutuskan
akhirnya dengan tekad bulat dan kukuh WC PIP ditutup.
IBU I
(Ingin tau)
Kenapa Pak?
IBU II
Iya kenapa pak?
WARGA
(Serempak)
Kenapa.?
PAK RT
Setelah sayam engingat, menimbang dan mengamati, kehadiran WC PIP menganggu
Stabilitas rumah tangga warga kita. Coba bayangkan gara-gara ibu-ibu mengantri
Seharian berapa banyak suami dan anak-anak terlantar. Apa ibu-ibu gak takut nanti
suami ibu-ibu nyeleweng?
IBU I
(Resah)
Takut donk Pak.
IBU II
(Panik)
Aduh guwa lupa nyiapin sarapan buat laki guwa.
Ibu l pergi. Warga bengong. Pak RT tersenyum.
PAK RT
(Berwibawa)
Nah itu tadi contoh kongkrit.
Warga berkomentar Mereka mengangguk-angguk setuju. Lalu bubar.
WARGA
(Mengangguk)
Iya bener juga kata pak RT
CUT TO:
INT. RUANG TAMU+SALON BU RT, SIANG
Diagram kepengurusan PICSI.
Bu RT duduk wajahnya menegang menahan sakit. Meja dihadapannya penuh buah-buahan,
agar-agar, makanan berserat serta obat pencahar.
CUT TO:
PLAYBACK FAST MOVIE
Bu RT duduk wajahnya menegang menahan sakit.
Meja dihadapannya penuh buah-buahan agar-agar makanan berserat serta obat
pencahar.
Diagram kepengurusan PICSI.
Pak RT datang.
Warga ribut dan hampir tidak terkendali.
Orang mengantri di depan WC PIP.
Hansip yang sedang bejalan.
Hansip memasang papan pengumuman, Papan Pengumun bertuliskan
” WC DITUTUP UNTUK SELAMA-LAMANYA”.
Di depan wc biasa Bu RT berhenti dan menoleh. Tampak beberapa pintu WC biasa.
Salah satunya pintunya terbuka. Bu RT tampak akan masuk WC biasa, ketika ia akan
Melangkah Tiba-tiba seorang bapak menerobos masuk. Bu RT kaget.Wajahnya
Menegang marah. Ia membuang muka. Bu RT melangkah pergi
Bu RT keluar dari kamar mandi ia memaki-maki dan mengumpat-ngumpat setiap
Orang yang dijumpai terutama penjaga karena tidak menjaga kebersihan.
STOP
CUT TO:
INT. KAMAR MANDI MEWAH, SIANG
Sabun mandi bekas dan kaki bu RT terpeleset.
Bu RT duduk di closet wajahnya tegang mengedan tapi tiba-tiba wajahnya kecewa.
Lalu
ia berusaha jongkok di atas closet tapi gagal Karena badan gemuknya bu RT
tidak bias menyimbangkan diri. Dia kembali duduk di closet wajahnya kesal
menengadah ke atas. Tiba-tiba ia berteriak kencang
BU RT
Aaaaaaaaaaaaaaaa !!!!!!!!!!
SELESAI

PERTANYAAN PENTING
Ada 7 pertanyaan penting yang harus dijawab penulis skenario agar skenarionya bagus. Tujuh pertanyaan itu ialah:
1.    Siapa tokoh utamanya?
2.    Apa yang diinginkan oleh tokoh utama?
3.    Siapa antagonisnya? Apa hal yang menghalangi tercapainya keinginan protagonis?
4.    Bagaimana protagonis bisa mencapai keinginannya?
5.    Apa pesan yang ingin kamu sampaikan dalam cerita itu?
6.    Bagaimana kamu nyeritain cerita itu?
7.    Bagaimana perubahan nasib tokoh-tokohnya?


FILM PENDEK
Film dibagi menjadi dua, film pendek dan film panjang. Kali ini kita akna membahas pengertian film pendek fiksi naratif. Film pendek sendiri memiliki pengertian ialah salah satu bentuk film paling simple dan paling kompleks. Di awal perkembangannya film pendek sempat dipopulerkan oleh comedian Charlie Chaplin. Film pendek ialah film fiksi termasuk sebuah karya animasi yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit.
film pendek bukan merupakan reduksi dari film dengan cerita panjang, atau sebagai wahana pelatihan bagi pemula yang baru masuk kedunia perfilman. Film pendek memiliki ciri/karakteristik sendiri yang membuatnya berbeda dengan film cerita panjang, bukan karena sempit dalam pemaknaan atau pembuatannya lebih mudah serta anggaran yang minim. Tapi karena film pendek memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih leluasa untuk para pemainnya.
tips membuat film pendek
1.    Siapkan Budget
Jangan pernah berpikir bahwa film pendek tidak memerlukan budget. Semua  jenis film akan tetap membutuhkan biaya yang berbeda jumlahnya. Maka dari itu, siapkan dana yang sekiranya dibutuhkan untuk produksi nanti. Dengan membuat perkiraan biaya, maka kamu akan mengetahui rencana yang harus dijalankan. Karena tanpa adanya budget bisa jadi film tidak akan terbentuk.
2.    Minta Persetujuan
Misalkan kamu memiliki budget berlebih untuk film pendek yang akan kamu buat dan kamu berencana untuk meminta peran seorang aktor, music director, artwork, atau sponsor. Maka minta persetujuan kepada mereka, bahkan jika diperlukan, kamu bisa membuat sebuah kontrak kerja untuk meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi.
3.    Buatlah Pendek
Namanya juga film pendek, ya pasti durasinya harus pendek sesuai dengan namanya. Maka buatlah film yang tidak bertele-tele agar penonton nantinya tidak merasa bosan. Mungkin akan terkesan sulit membuat film dengan durasi pendek, namun memang seperti itulah persyaratan dari film pendek. Meskipun maksimalnya 50 menit, kamu bisa membuat yang lebih pendek, yang tidak lebih dari 30 menit.
4.     Lakukan Casting
Jika kamu tidak memiliki budget lebih untuk membayar seorang aktor/aktris, jangan biarkan orang lain yang tidak bisa berperan sama sekali masuk ke dalam film pendekmu. Lakukan casting untuk menyaring orang-orang yang sesuai dengan karakter pemain dalam filmmu. Casting dapat dilakukan jauh sebelum produksi film dimulai.
5.    Tata Suara Baik
Tidak sedikit film pendek yang memiliki tata suara yang buruk, padahal ide ceritanya cukup menarik. Nah, agar kamu terhindar dari hal tersebut, sebaiknya gunakanlah perangkat pendukung seperti boom mic.
6.    Hindari Zoom Saat Produksi
Kameraman yang baik adalah mereka yang mampu mengurangi zooming, apalagi yang tidak begitu mahir dalam menggunakannya. Untuk mendapatkan gambar agar lebih dekat ke objek, sangat baik dengan menggunakan dolly, camera glider, atau lakukan cut and shoot!
7.    Hindari Efek Berlebih
Kebanyakan film pendek mengandalkan efek-efek, seperti memulai film dengan alarm hitungan mundur (ringing alarm clock), transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Sebaiknya lakukan efek yang tidak berlebihan dalam film pendekmu.
8.     Lakukan Shooting Siang Hari
Biasanya film pendek diproduksi dengan biaya yang minim dan peralatan yang ala kadarnya. Salah satu masalahnya mungkin saja seperti tidak memiliki peralatan lighting. Maka dari itu lebih baik melakukan shooting di siang hari dibandingkan malam hari, karena kondisi gelap membuat produksi membutuhkan banyak cahaya. Meskipun dapat melakukan color correction pada saat editing, tapi sudah pasti dapat menyebabkan noise dan kualitas gambar menjadi drop.
Dalam penulisan script film pendek ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu :
1.    Anggaran, saat penulisan script perhatikan anggaran yang kamu punya untuk proses shooting film nantinya.
2.    Kekuatan Aktor, pahami kekuatan aktor untuk mempermudah kamu membuat dialog dalam script.
3.    Timing shooting, tentukan setting adegan dalam script. Misal adegan diambil saat siang sehingga mempermudah waktu shooting.
4.    Revisi script, pastikan untuk selalu merevisi script. Tuliskan hal-hal yang perlu dikurangi atau ditambahkan dalam script.
5.    Hindari terlalu banyak eksposisi klise.
6.    Hindari membuat adegan yang dilakukan di banyak tempat, karena hal ini dapat membengkakkan anggaran dan memperumit proses shooting.
7.    Saat menuliskan script kamu harus benar-benar mengembangkan imajinasimu agar cerita yang kamu bentuk tidak terkesan pasaran.
8.    Plot, adalah hal yang sangat penting untuk membuat cerita tetap berkesinambungan dan utuh.

````````````````````````````````````````




 ------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar