Glitter Text Generator at TextSpace.net

MATERI SIMDIG_SEMESTER GANJIL

Para Siswa seluruh materi simulasi digital kelas x semester 1, anda dapat download buku siswa pada link dibawah ini

Download Buku Siswa Simulasi Digital Semester satu  Klik DI SINI  

atau dapat anda download melalui akun edmodo anda pada folder materi. ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


RANGKUMAN MATERI SIMULASI DIGITAL
MEMAHAMI KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING-ONLINE)

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak
Beberapa fungsi dari komunikasi

  • Sebagai informasi: komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
  • Sebagai kendali: komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
  • Sebagai motivasi: komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
  • Sebagai pengungkapan emosional: bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosia

    Jenis Komunikasi
  1. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
  2. Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.
  3. Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
  4. adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace

Keunggulan Komunikasi Daring
  Dapat dilakukan kapan saja di mana saja
  Efisiensi biaya.
  Efisiensi waktu.
  Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
  Meningkatkan intensitas berkomunikasi.
  Meningkatkan partisipasi

Beberapa kelemahan komunikasi daring, antara lain sebagai berikut.
•    Tidak mewakili emosi pengguna.
•    Memerlukan perangkat khusus
•    Terlalu banyak informasi yang tidak penting.
•    Menyita konsentrasi

Jenis komunikasi daring

  • Komunikasi daring sinkron (serempak)
    Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata|
    Contoh : Text chat, Video chat
  • Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
    Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda
    Contoh : e-mail, forum, membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web

 Komponen Pendukung Komunikasi Daring

  • Komponen perangkat keras (hardware)
    Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.
  • Komponen perangkat lunak (software)
    Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google+ hangout, webconference, dll.
  • Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
    Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring

    Materi selengkapnya dapat anda download dengan klik link berikut :  BUKU SISWA
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

RANGKUMAN MATERI SIMULASI DIGITAL
PERANCANGAN VISUALISASI KONSEP

1.    Bentuk Visualisasi

  • Visusalisasi 2D terbagi atas visualisasi statis (tak bergerak) biasanya dalam bentuk gambar dan visualisasi dinamis (bergerak) biasanya dalam bentuk animasi.
  • Visualisasi statis adalah visualisasi tak bergerak.Bentuk visual ini biasanya digunakan untuk infografis seperti poster, pamflet, dan flyer. Fungsi dari visualisasi statis adalah sebagai alat komunikasi dalam media cetak yang bersifat statis (non-animasi).
  • Visualisasi dinamis adalah visualisasi berbentuk animasi 2D yang biasa disebut motion graphic dan presentasi video.Visualisasi ini terdapat pada web, videotron, dan iklan televisi. Fungsi visualisasi dinamis lebih ekspresif karena memungkinkan memberikan  informasi dengan efek animasi yang lebih baik
  • Visualisasi 3D adalah visualisasi animasi dengan menggunakan software pengolah animasi 3D, secara tampilan visual lebih realis dan dapat diberikan cerita sesuai dengan tiruan benda nyata. Visualisasi 3D biasanya berupa  animasi yang menceritakan proses kerja.

2.    Visualisasi Simulasi Digital

  • Presentasi video adalah cara untuk dapat mengomunikasikan gagasan melalui bentuk video. Presentasi video dapat menampilkan cara kerja sebuah produk, proses dari pekerjaan, atau prose jasa.Dalam mengkomunikasiskan gagasan dalam bentuk video haruslah bersifat sederhana dan mudah dimengerti oleh penerima informasi.

    Proses dalam pembuatan presentasi video dimuali dari pencarian idé,pembuatan sinopsis, pembuatan naskah, pengambilan gambar (shooting), dan penyuntingan gambar. Proses ini biasa dinamakan proses praproduksi, proses produksi, dan proses pascaproduksi.Adapun prosesnya terdiri atas pengambilan gambar yang dilakukan dengan kamera video, baik yang terpasang pada telpon genggam atauperkakas elektronik (gadget) lainnya, maupun pada kamera khusus untuk perekam video, termasuk camcorder.
  1. Sinopsis merupakan alur cerita yang dijelaskan secara singkat. Dalam pembahasan ini sinopsis mengarah pada alur cerita film atau animasi yang dijelaskan dalam tulisan singkat sehingga penonton mampu  memahami isi cerita yang disampaikan dalam film. Sinopsis yang baik mampu menjelaskan cerita secara utuh. Dalam pembuatan sinopsis, keindahan gaya bahasa, penjelasan secara rinci kejadian dalam alur cerita disusun dengan menggunakan bahasa yang lugas sehingga tidak menimbulkan bias makna Biasanya sinopsis hanya dibuat satu hingga dua halaman saja.
  2. Naskah adalah suatu teks yang berisi gambaran yang akan terlihat di layar. Naskah dibuat agar seluruh pedukung dalam pembuatan video paham secara rinci dari presentasi yang akan disampaikan. Penulisan naskah dapat disederha- nakan sesuai keperluan,sepanjang dimengerti oleh pendukung yang akan memproduksi dalam pembuatan video
  3. Storyboard adalah sketsa gambar berbentuk thumbnail yang disusun berurutan sesuai dengan rangkaian jalan cerita. Melaluistoryboardseluruh pendukung produksi dapat melihat alur cerita dalam bentuk gambar.  Dalam membuat storyboard, kita perlu menggunakan cara seolah-olah membidik objek sesuai dengan gagasan yang akan disampaikan dengan mempertimbang- kan angle camera atau pertimbangan sinematografis lainnya. Jika Anda akan menunjukkan sesuatu yang rinci, maka perlu bidikan closeup Fungsi storyboard adalah sebagai ungkapan kreatif untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual. Pada storyboard dapat ditambahkan arah gerak, yang memandu gerakan berikutnya, serta informasi lain berupa huruf, warna,dan tata letak sehingga pesan dan gagasan dapat diterima.

Format storyboard dapat berisi/terdiri beberapa hal :
a.    kolom no
b.    kolom gambar   
c.    kolom durasi waktu
d.    kolom efek /suara

  • Simulasi Visual
    Simulasi Visual adalah 3D visualization atau video animasi 3D . merupakan upaya mewujudkan gagasan secara visual atau  memvisualkan gagasan guna memecahkan suatu masalah yang sesuai dengan kebutuhan kita.
    Materi selengkapnya dapat anda download dengan klik link berikut :  BUKU SISWA

0 komentar:

Posting Komentar