Glitter Text Generator at TextSpace.net

MATERI XMM_PDS1

PEMROGRAMAN DASAR 1

RINGKASAN MATERI
MATERI PEMROGRAMAN DASAR SEMESTER 2

VARIABLE
Dalam matematika variable adalah suatu yang nilainya bias berubah – ubah. Dalam algoritma pemrograman , variable digunakan untuk menyimpan informasi. Informasi yang dapat disimpan dapat berupa bilangan atau huruf, ergantung type data yang digunakan variable tersebut. 

TYPE DATA
1.    Integer
Tipe data ini digunakan untuk menyatakan bilangan bulat , sebuah bilangan yang tidak mempunyai angka dibelakang koma.  type data integer dibagi menjadi dua jenis. 
a.    Integer bertanda : bilangan bulat yang mampu mempresentasikan nilai bilangan negative
b.    Integer tidak bertanda : bilangan bulat yang hanya mampu merepresentasikan bilangan bulat positif 
2.    Float 
Tipe datayang digunakan untuk menyatakan bilangan real/ pecahan 
3.    Character
Tipe data dasar yang terdiri atas angka, huruf,  tanda baca, atau karakter khusus,penulisannya diawali dan diakhiri dengan tanda kutip tunggal.  Misalnya : ‘7’, ‘A’ dll.perhatikan bahwa  7 adalah integer sedang ‘7’ adalah karakter 
4.     String 
Data yang bertipe string adalah data yang berisi sederetan karakter . penulisannya diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ganda . contohnya : “aku”, “anak Indonesia”.
5.    Boolean
Tipe data Boolean berkaitan dengan operasi logika matematika . tipe data Boolean hanya bernilai  true (benar) atau false (salah)

KONSTANTA 
adalah suatu nilai yang tidak berubah selama eksekusi program, ada beberapa jenis konsanta sebagai berikut :
a.    Konstanta numeric integer
Merupakan nilai umeric bilangan bulat. Ada 3 jenis konstanta integer : konstanta desimal, konstanta oktal dan konstanta heksa desimal
b.    Konstanta numeric pecahan
Konstanta yang dapat memiliki nilai pecahan d belakang tanda desimal.
c.    Konstanta karakter
Konstanta berupa sebuah karakter yang ditulis di antara tanda petik tunggal. Misal : ‘a’,’1’.
d.    Konstanta string
Konstanta berupa sebuah karake atau lebih yang ditulis diantara tanda petik ganda. Misal : “a”, “12”
e.    Konstanta karakter escape 
Banyak digunakan di dalam pernyataan untuk menampilkan hasil misalnyalnya untuk menempatkan kursor ke baris berikutnya dll.
PENGENALAN OPERATOR
Operator digunakan untuk memproses atau mengolah data. Ada beberapa macam operator yang dapat digunakan :
1.    Operator matematika 
tabel  operator matematika 
Operator    Arti 
+    Penjumlahan
-    Pengurangan
*    Perkalian
/    Pembagian
++    Penambahan nilai variable dengan satu (increment)
--    pengurangan nilai variable dengan satu (decrement)


2.    Operator pemberi nilai
Operator penugasan (assignment) dan pemberian nilai merupakan operator yang paling umum dalam semua bahasa pemrograman.
Operator ini dilambangkan dengan “=” yang digunakan untuk memberikan nilai kepada suatu variable . Nilai yang diberikan dapat diberikan langsung dalam bentuk bilangan/karakter bisa juga dalam bentuk fungsi . 

contoh :
1. operator  (   =  ) 
contoh penggunaan :  A=2 , Memberikan nilai 2 ke dalam variable A,  
A=A+2, nilai variable A ditambah 2. 
2.operator ( +=)
 contoh penggunaan :  A+=2 , Memberikan hasil nilai variabel A ditambah 2
3.operator ( -=)
contoh penggunaan :  A-=2 , Memberikan hasil nilai variabel A dikurangi 2
4.operator (*=)
contoh penggunaan :  A*=B , Memberikan hasil nilai variabel A dikali dengan B
5.operator ( /=)
contoh penggunaan :  A/=B , Memberikan hasil nilai variabel A dibagi dengan B

3.    Operator  perbandingan
 tabel  operator perbandingan 
Operator    Arti 
=    Sama dengan
≠    Tidak sama dengan
<    lebih kecil dari
>    lebih besar dari
≤    lebih kecil atau sama dengan
≥    lebih besar atau sama dengan


4.    Operator logika
Operator    Fungsi    penjelasan
!    Not    Membalik hasil logika
&&    And    Memberikan nilai benar jika kedua nilai logika yang dibandingkan bernilai benar
||    Or    Memberikan nilai benar jika salah satu nilai logika yang dibandingkan bernilai benar

STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN

JENIS – JENIS PERNYATAAN  (IF)
1.    Pernyataan dengan 1 kondisi 
Pada percabangan satu kondisi terdaat 1 pernyataan yang akan dieksekusi apbila kondisinya terpenuhi
Struktur if 1 kondisi :

If (kondisi )
{
Pernyataan 1
}

2.    Pernyataan if majemuk,  Jika kondisi 1 bernilai benar, maka perintah-1 akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan mengerjakan perintah-2
struktur if majemuk adalah sbb:

IF(kondisi )
{
Pernyataan 1;
Pernyataan 2;
}
Else
{
Pernyataan 1;
Pernyataan 2;
}

3.    Pecabangan Bersarang (Nested if ) merupakan pernyataan if berada didalam pernyataan if yang lainnya/ digunakan unt pemeriksaan kondisi secara berlapis.
Struktur nested  if adalah sbb:
If (kondisi1)
if(kondisi 2)
    perintah ;
else
   perintah ;
else
if (kondisi 3)
   perintah ;
else
  perintah;

STRUKTUR KONTROL PERULANGAN

Looping adalah proses pengulangan hingga kondisi syarat yang ditentukan tercapai. 

Beberapa Jenis jenis perulangan
a.    Perlangan kondisi di awal di sini kita menentuka terlebih dahulu banyaknya perulangan yang akan dilakukan. Perulangan kondisi di awal dapat diimplementasikan menunakan for atau while

Fungsi perulangan for digunakan untuk pengulangan sauatu pernyataan atau beberapa pernyataan (yang tergabung dalam satu blok pernyataan), dimana jumlah perulangan yang akan dilakukan dapat ditentukan
Perulangan menggunakan fungsi while merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk memproses suatu pernyataan atau pernyataan beberapa kali (jumlah perulangan tidak ditentukan), kondisi ditentukan di awal

b.    Perulangan dengan kondisi di akhir, pada perulangan ini penyataan yang akan diulang dijalankan lebih dulu kemudian baru memeriksa kondisi apakah perulangan akan dteruskan atau tidak.
Pada perulangan kondisi  dapat diimplementasikan dengan perintah do while

c.    Perulangan dengan banyaknya perulangan diinputkan pengguna
Pada perulangan kita dapat menentukan banyaknya perulangan ang dilakukan dengan memberikan variabel tertentu pada bagian kondisi, sehingga pengguna dapat menginput banyaknya perulangan pada aplikasi

d.    Perulangan dengan pernyataan  continue digunakan untuk mengarahkan eksekusi ke proses berikutnya pada loop yang sama, dengan kata lain mengembalikan proses yang sedang dilaksanakan ke-awal loop lagi  tanpa menjalankan sisa perintah dalam loop tersebut 

e.    Pernyataan break ini berfungsi berfungsi keluar dari perulangan ( for, while dan do-while ). Biasanya penggunaan dikombinasikan dengan if untuk menhentikan perulangan ketika memenuhi kondisi tertentu 

Pada perulangan for terdapat argumen dan berikut adalah argumen beserta fungsinya :
1.    inisialisasi : merupakan bagian untuk member nilai awal untuk variable tertentu
2.    syarat pengulangan : memgang control terhadapperulanga diteruskan atau dihientikan
3.    pengubah nilai pencacah : mengatur kenaikan datau penurunan nilai pencacah 

DESAIN DAN ANALISIS ALGORITMA

Desain dan analisis algoritma adalah perencanaan dalam pembutan sebuah konsep atau struktur untuk melihat faktor efisiensi dan efektifitas dari prosedur atau urutan langkahyang jelas dan logis untuk menyelesaikan suatu permsalahan 

Tahap pengembangan program aplikasi : 

•    Requirements : pernyataan yang menidentifikasikan kebutuhan yang penting dalam sistem dan didalamnya mencakup aspek kebenaran, Realistis, Dibutuhkan, tidak ambigu, dan terukur. Langkah yang paling penting dalam proses requirement adalah komunikasi yang akurat antara user yang memerlukan sistem dengan pembuat sistem.
•    Design : Perancangan program
•    coding : tahapan penulisan source code dilakukan oleh programmer berdasarkan desain sistem yang dibuat, PM biasa na membagi modul-modul lebih kecil untuk dikerjakan oleh programmer
•    Testing: Tahapan uji coba program

TAHAPAN TESTING APLIKASI

Ongoing evaluation : evaluasi yang dilakukan oleh pengembang sesuai standar bersama dan dilakukan dalam proses pengembangan dan tidak adanya formulir resmi.

Alpha testing : tahapan uji coba dilakukan oleh sejumlah user /customer potensial / tim penguji independen di tempat developer untuk menguji penerimaan internal akan sistem tersenut Tujuannya untuk identifikasi dan menghilangkan sebanyak mungkin masalah sebelum akhirnya sampai ke user, dilakukan setelah software jadi oleh orang-orang yang tidak terlibat dalam pengembangan dan memang ahli dibidangnya. Terdapat formulir resmi evaluasi.

Beta testing : evaluasi sepenuhnya oleh pengguna. Pengguna dipilih 3 orang yang dibagi menjadi: potensial, average, dan slow learner. Mereka diberitahukan prosedur evaluasi, diamati proses penggunaannya, diwawancarai lalu dinilai dan dilakukan revisi.
•    Implementation adalah tahap pelaksanaan atau penerapan 
•    Maintenance : perawatan program

Debugging : proses metodis menemukan dan mengurangi jumlah bug, atau cacat, dalam sebuah program komputer atau sepotong perangkat keras elektronik, sehingga membuatnya berperilaku seperti yang diharapkan

DOWNLOAD : 

1. Modul Pascal
2. Modul Delphi


------------------------------------------------ 

0 komentar:

Posting Komentar